JAWA TIMUR JUARAI PEMILIHAN KELUARGA SUKHINAH TELADAN TINGKAT NASIONAL TAHUN 2012

Dirjen Bimas Hindu, Prof. Dr. IBG. Yudha Triguna, MS. Menyematkan Tanda Peserta

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama R.I. melalui Subdit Penyuluhan Direktorat Urusan Agama Hindu, tanggal 11 s.d. 14 Oktober 2012 menyelenggarakan Pendidikan dan Pemilihan Keluarga Sukhinah Teladan Tingkat Nasional Tahun 2012. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Kawanua Aerotel Jakarta, Jl. Cempaka Putih No. 120, Jakarta Pusat ini diikuti oleh 33 pasang peserta yang merupakan peserta terpilih, pasangan suami-istri perwakilan dari 33 provinsi di Indonesia.

Acara dibuka oleh Dirjen Bimas Hindu, Prof. Dr. IBG. Yudha Triguna, MS. pada hari Kamis, 11 Oktober 2012 dihadiri pula oleh Direktur Urusan Agama Hindu, I Ketut Lancar, SE.,M.Si. Bapak Dirjen mengungkapkan, Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama R.I. selalu berupaya semaksimal mungkin membuat berbagai terobosan/program kegiatan yang mengarah pada terciptanya kehidupan masyarakat Hindu yang lebih memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agama Hindu dalam kehidupan sehari-hari. Beliau juga berharap dengan diselenggarakannya acara ini, dapat terpilih keluarga sukhinah teladan, yang dapat dipakai contoh dan memberikan teladan di masyarakat nantinya dalam pembinaan Umat Hindu.

Penyerahan Piala, Juara I oleh Direktur Urusan Agama Hindu, I Ketut Lancar, SE., M.Si.

Drs. I Wayan Budha, M.Pd. selaku Kasubdit Penyuluhan sekaligus sebagai ketua kegiatan mengatakan, penyelenggaraan Pendidikan dan Pemilihan Keluarga Sukhinah Teladan Tingkat Nasional Tahun 2012 ini merupakan kali pertamanya dan merupakan program bimbingan masyarakat Hindu yang akan terus berkesinambungan di Subdit Penyuluhan Direktorat Urusan Agama Hindu. Dengan tema “Melalui Pendidikan dan Pemilihan Keluarga Sukhinah Teladan, kita wujudkan keluarga harmonis, damai dan sejahtera”. “Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini yaitu memberikan pendidikan keluarga dari sisi agama dan apresiasi serta motivasi untuk membentuk keteladanan bagi keluarga Hindu Indonesia dalam membangun keluarga sukhinah melalui penanaman nilai-nilai ajaran Agama Hindu”, imbuhnya.

Dari 33 pasang peserta (suami-istri) dipilih secara selektif selama 3 hari oleh 5 orang juri yang kompeten di bidangnya. Dari keputusan juri, pasangan suami-istri, dr. I Ketut Ardana, Sp.PD. dan Ni Made Susilawati, S.H. peserta dari provinsi Jawa Timur mendapatkan nilai yang lebih besar dan menjadi Juara I menyisihkan 32 pasang peserta lainnya. Pasangan Drs. I Gede Harja Subrata, M.Si, dan Prof. Dr. Putu Kerti Nitiasih, MA. peserta yang mewakili provinsi Bali mendapatkan juara II, disusul peserta perwakilan provinsi D.I. Yogyakarta, I Wayan Senen, S.St.,M.Hum. dan Dra. Lutfiana  sebagai Juara III, berdasarkan keputusan dewan juri nomor: 2/Juri-PDPKST/2012.

Dari kiri ke kanan, Juara III (D.I. Yogyakarta), Juara II (Prov. Bali), dan Juara I (Jawa Timur)

Ngakan Putu Putra salah seorang juri mengatakan, “Kriteria penilaian meliputi pengetahuan dan pemahaman ajaran agama, pengetahuan tentang penghayatan dan pengamalan kehidupan berbangsa, pengetahuan tentang perkawinan dan kehidupan berumah tangga dan pengetahuan umum dengan tahapan tes tertulis dan wawancara. Sebelumnya pada tahap awal juga dilakukan penilaian administrasi”. I Gede Jaman, S.Ag.,M.Si. selaku ketua Dewan Juri menambahkan, “Dewan juri pun kesulitan menentukan pemenang bahkan rapat dewan juri sampai 3 (tiga) jam. Selisih jumlah nilai ketiga juara juga sangat tipis dan beliau-beliau ini dari awal memang sudah tampak menonjol dari peserta lainnya”. (jul)

Perihal blijul
Orang yang simpel dan sederhana. Suka tantangan dan suka menulis dari berbagi tulisan yang sekiranya menarik. Saya orang yang apa adanya. Lebih suka menggali diri sendiri dan keyakinan sendiri, tanpa bermaksud melukai orang lain. Jangan tersinggung dengan apa yang saya buat. Jika tak berkenan, jangan mampir ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Dasar Bali

Balinese culture, tradition, tourism and book

ST Kawula Wisuda Banjar Kulub Tampaksiring

Sekaa Teruna-Teruni Banjar adat Kulub. Tampaksiring, Gianyar-Bali.

Sang Widy

Just For Love In Your's Life

desak14cemplok

Serasa hidup kembali

...blog nak belog...

...catatan harian seorang manusia biasa...

Nyoman Djinar Setiawina

Sakiti diri sendiri sebelum menyakiti orang lain. Pengenalan terhadap diri sendiri awal daripada pengembangan pengetahuan.

Dharmavada

Pembawa Pesan Kebajikan & Kebenaran

CORETAN

Luapan Pikiran Tertulis Dalam Kertas

Baliaga

menggali jati diri orang Bali

Wahana08's Journey Weblog

mari berbuat untuk kebaikan

INDONESIA EX-MUSLIM FORUM

Telling the truth about Muhammad and Islam

Puisi dan Cerpen Bali

Kumpulan-kumpulan puisi dan cerpen bahasa Bali karya I Wayan Kertayasa

perskanaka

LPM KANAKA FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS UDAYANA

aryaoka blog

oka just oke...

IMBASADI

Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah se-Indonesia

FACETRICK's MP3 BALI

BANYAK CARA DENGAN TRICK

Indonesia Proud

Bangunlah Jiwanya...Bangunlah Badannya...Untuk Indonesia Raya!

Media Kanak Dusun

Istiqomah Dalam Bekarya Menuju Kemandirian

%d blogger menyukai ini: