Konsultasi Pejabat Ditjen Bimas Hindu Dengan Pembimas Hindu dan Parisada Tahun 2012 “Mempererat Simpul Kehinduan”

Dirjen Bimas Hindu (Prof. Dr. IBG. Yudha Triguna, MS.) menyematkan Tanda Peserta Konsultasi.

Dalam menciptakan kerukunan intern dan antar umat beragama terkandung aspek kerukunan antar lembaga/organisasi keagamaan. Kerukunan antar lembaga ini perlu dimantapkan sehingga pelayanan kepada umat dapat dioptimalkan. Sebab, Lembaga Keagamaan memegang peran yang sangat penting dalam pembinaan umatnya. Memahami hal tersebut dalam usaha untuk menciptakan kerukunan dan meningkatkan peran Kelembagaan Hindu dalam mengisi pembangunan serta mempererat tali simakrama antara pemerintah dan lembaga keagamaan Hindu, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama R.I. mengadakan Konsultasi Pejabat Ditjen Bimas Hindu Kemenag R.I. dengan pembimas Hindu dan Parisada Tahun 2012 di Semarang. Konsultasi ini dimaksudkan untuk memperluas wawasan berorganisasi guna membangun persepsi yang sama terhadap Peran, Fungsi, Tugas, dan Tanggung Jawab dalam pembinaan umat.

Dirjen Bimas Hindu di didampingi Ketua Umum Parisada Pusat dan Direktur Urusan Agama Hindu

Konsultasi yang diselenggarakan di Hotel Grand Candi, Jl. Sisingamangaraja  No. 16, Semarang dari hari Jumat-Senin, 18 s.d. 21 Mei 2012 ini diikuti oleh 90 (sembilan puluh) orang peserta dari unsur Ditjen Bimas Hindu, Parisada Pusat, Pembimas Hindu Provinsi, Parisada Provinsi (33 provinsi), WHDI, Pinandita Sanggraha Nusantara dan Pemuda Hindu. I Made Suma, SH.,M.Pd. selaku Ketua panitia mengatakan, “Konsultasi ini menghadirkan Dirjen Bimas Hindu (Prof. Dr. IBG. Yudha Triguna, MS.), Ketua Umum Pengurus Harian Parisada Pusat (Mayjen. TNI (Purn) Sang Nyoman Suwisma), Direktur Urusan Agama Hindu (I Ketut Lancar, SE.,M.Si.) serta Tokoh Umat Hindu di Jawa Tengah, Bapak Sunarto, S.Ag., M.Si.  sebagai narasumber”.

Kegiatan yang berlangsung tiga hari ini dibuka langsung oleh Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama R.I., Prof. Dr. IBG Yudha Triguna, MS. pada hari Jumat, 18 Mei 2012 yang dihadiri pula oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Dirjen Bimas Hindu dalam sambutannya memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas penyelenggaraan  kegiatan ini. “Kami mengganggap Pertemuan ini  merupakan peristiwa  yang sangat penting dan memiliki nilai yang strategis, mengingat belakangan ini masih ada ketimpangan antara peran, fungsi, tugas dan tanggung jawab antara Pembimas dan Parisada. Oleh karena itu, melalui pertemuan ini kita jadikan sebagai otokritik, evaluasi organisasi dan introspeksi diri tentang apa yang telah kita lakukan”. Beliau juga berharap agar semua komponen  umat, lembaga keagamaan yang ada bersinergi bersama-sama berperan sesuai swadharma dan fungsi masing-masing, dan konsultasi ini bisa menghasilkan rumusan kerjasama dalam memantapkan program yang lebih kongkrit dalam meningkatkan pemahaman dan penghayatan serta pelaksanaan ajaran agama Hindu.

Penyerahan hasil konsultasi kepada Direktur Urusan Agama Hindu

Drs. Murni, Kasubdit Kelembagaan Ditura Bimas Hindu selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan, “Tujuan dari konsultasi ini yaitu: 1. Meningkatkan pemahaman terhadap peran dan kedudukan Parisada sebagai Majelis Agama Hindu; 2. Meningkatkan pemahaman terhadap peran dan fungsi Kementerian Agama (Pembimas Hindu); dan 3. Membangun kesepahaman terhadap pelayanan, bimbingan, dan pembinaan kepada umat Hindu. Karena itu kita mengambil tema Dengan Konsultasi Kita Bangun Pilar-Pilar Hubungan Antar Lembaga dalam Mempererat Simpul Kehinduan.

Selain pemaparan tentang peran, tugas dan fungsi masing-masing lembaga, pada kesempatan ini Parisada Pusat (yang ditugaskan Arsana dan Nyoman Artha.red) juga memaparkan tentang Grand Design Hindu Indonesia (50 Tahun Kedepan). Konsultasi ini ditutup oleh Direktur Urusan Agama Hindu, dengan ditandai penyerahan hasil konsultasi sebuah kesepakatan bersama antar Pembimas Hindu dengan Parisada. Kesepakatan ini diserahkan langsung oleh Ketua Sidang Paripurna Konsultasi, Prof. Dr. I Nyoman Sudyana, M.Sc. yang juga merupakan Ketua Parisada Provinsi kalimantan Tengah. (jul)

Foto bersama peserta Konsultasi pejabat Ditjen Bimas Hindu dengan Pembimas Hindu dan Parisada.

Perihal blijul
Orang yang simpel dan sederhana. Suka tantangan dan suka menulis dari berbagi tulisan yang sekiranya menarik. Saya orang yang apa adanya. Lebih suka menggali diri sendiri dan keyakinan sendiri, tanpa bermaksud melukai orang lain. Jangan tersinggung dengan apa yang saya buat. Jika tak berkenan, jangan mampir ya.

2 Responses to Konsultasi Pejabat Ditjen Bimas Hindu Dengan Pembimas Hindu dan Parisada Tahun 2012 “Mempererat Simpul Kehinduan”

  1. Ping-balik: Hasil Sidang Komisi (Kesepakatan Bersama) Konsultasi Pejabat Ditjen Bimas Hindu Dengan Pembimas Hindu Dan Parisada Tahun 2012 Di Semarang « _pandejuliana_

  2. Ping-balik: Konsultasi Mempererat Simpul KeHinduan | Prof Dr IBG Yudha Triguna MS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Dasar Bali

Balinese culture, tradition, tourism and book

ST Kawula Wisuda Banjar Kulub Tampaksiring

Sekaa Teruna-Teruni Banjar adat Kulub. Tampaksiring, Gianyar-Bali.

Sang Widy

Just For Love In Your's Life

desak14cemplok

Serasa hidup kembali

...blog nak belog...

...catatan harian seorang manusia biasa...

Nyoman Djinar Setiawina

Sakiti diri sendiri sebelum menyakiti orang lain. Pengenalan terhadap diri sendiri awal daripada pengembangan pengetahuan.

Dharmavada

Pembawa Pesan Kebajikan & Kebenaran

CORETAN

Luapan Pikiran Tertulis Dalam Kertas

Baliaga

menggali jati diri orang Bali

Wahana08's Journey Weblog

mari berbuat untuk kebaikan

INDONESIA EX-MUSLIM FORUM

Telling the truth about Muhammad and Islam

Puisi dan Cerpen Bali

Kumpulan-kumpulan puisi dan cerpen bahasa Bali karya I Wayan Kertayasa

perskanaka

LPM KANAKA FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS UDAYANA

aryaoka blog

oka just oke...

IMBASADI

Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah se-Indonesia

FACETRICK's MP3 BALI

BANYAK CARA DENGAN TRICK

Indonesia Proud

Bangunlah Jiwanya...Bangunlah Badannya...Untuk Indonesia Raya!

Media Kanak Dusun

Istiqomah Dalam Bekarya Menuju Kemandirian

%d blogger menyukai ini: