Gubernur Sarundajang Buka Mahasabha IX Peradah Indonesia Di Manado

Gubernur Sulawesi Utara Membuka Mahasabha IX Peradah Indonesia di Dampingi Direktur Urusan Agama Hindu (baju batik sebelah kiri)

Gubernur Sulawesi Utara Dr. (HC) Sinyo Harry Sarundajang membuka Mahasabha (musyawarah nasional) IX Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah) di Bapelkes Malalayang, Jumat, 2 November 2012.

Mengawali sambutannya, Sarundajang menyambut ratusan peserta Mahasabha yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia. “Selamat datang di Bumi Nyiur Melambai,” katanya.  Gubernur berterima kasih kepada Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan Peradah yang memilih Sulut sebagai tempat Mahasabha IX Peradah tahun ini. Mahasabha kali ini, kata Sarundajang, terasa spesial karena dilaksanakan masih dalam euforia peringatan Sumpah Pemuda, 28 Oktober lalu.

Ia berharap Mahasabha bisa menghasilkan buah pemikiran bersama atau sebuah rekomendasi untuk bangsa negara. Secara khusus, Gubernur minta perhatian pada aksi menangkal terorisme, narkoba, seks bebas dan ancaman disintegrasi bangsa. “Mari kita rawat kerukunan Indonesia sebagai sebuah keunggulan,” tukasnya.

Ia prihatin pada fenomena tergerusnya rasa nasionalisme dan cinta tanah air pada generasi muda. “Satukan visi misi dan mantapkan program. Tularkan semangat kemajemukan dalam kebersamaan,” ujarnya.

Dirjen Bimas Hindu yang diwakili Direktur Urusan Agama Hindu Kementerian Agama R.I., I Ketut Lancar, SE.,M.Si. pda sambutannya mengatakan, Peradah harus mampu menjadi agen pembawa pesan perdamaian. “Tak ada agama yang mengajarkan kekerasan. Mengembangkan agama tanpa harus mengusik pemeluk agama lain. Menghormati pemeluk agama lain merupakan kewajiban seluruh umat beragama,” katanya.

Asisten Deputi Organisasi Menpora, Mandir Ahmad Syafi’I mengutarakan, momen Mahasabha ini harus dijadikan wadah konsolidasi untuk menentukan arah organisasi. Ia memuji Peradah karena masuk tiga besar ormas pemuda terbaik dari sisi program oleh Kemenpora. Syafi’I juga memungkinkan Mahasabha mengupas UU Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan. Kata dia, Peradah bisa mengajukan judicial review terhadap UU ini. “Ormas pemuda dewasa ini dituntut menciptakan program yang bersentuhan dengan kepentingn masyarakat,” jelasnya.

Panitia Mahasabha IX Peradah Indonesia

Ketua Panitia Mahasabha IX Peradah, I Ketut Guna Artha menjelaskan, Mahasabha diikuti sekitar 150 orang dan berlangsung hingga Minggu, 4 November 2012. Mereka merupakan utusan Dewan Pimpinan (DP) Nasional, 33 DP Provinsi dan DP Kabupaten. Mahasabha kali ini bertema, “Bekerja Terus Tanpa Pamrih Bagi Bangsa dan Negara”.

“Agenda utama Mahasabha Peradah ini, yaitu: penyempurnaan Anggaran Dasar/Rumah Tangga (AD/RT), evaluasi dan penyusunan program kerja dan pemilihan pengurus Peradah periode berikutnya,” kata Artha didampingi Ketua Panitia Lokal, I Komang Agustria.

Hadir dalam pembukaan Ketua Umum Peradah Indonesia I Komang Adi Setiawan, Ketua Umum Pengurus Harian Parisada Pusat, Sang Nyoman Suwisma, Danrem 131/Santiago Brigjen Johny Tobing, Danlantamal VIII Manado Laksma Guguk Handayani dan para undangan. Demikian seperti yang dikutip dari Tribun manado.

Perihal blijul
Orang yang simpel dan sederhana. Suka tantangan dan suka menulis dari berbagi tulisan yang sekiranya menarik. Saya orang yang apa adanya. Lebih suka menggali diri sendiri dan keyakinan sendiri, tanpa bermaksud melukai orang lain. Jangan tersinggung dengan apa yang saya buat. Jika tak berkenan, jangan mampir ya.

One Response to Gubernur Sarundajang Buka Mahasabha IX Peradah Indonesia Di Manado

  1. dek sri mengatakan:

    wahhh baguss semoga bs lbih besar gaungnya trutama d bali… n mengajaak pemuda Hindu untuk aktif d organisasi ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Dasar Bali

Balinese culture, tradition, tourism and book

ST Kawula Wisuda Banjar Kulub Tampaksiring

Sekaa Teruna-Teruni Banjar adat Kulub. Tampaksiring, Gianyar-Bali.

Sang Widy

Just For Love In Your's Life

desak14cemplok

Serasa hidup kembali

...blog nak belog...

...catatan harian seorang manusia biasa...

Nyoman Djinar Setiawina

Sakiti diri sendiri sebelum menyakiti orang lain. Pengenalan terhadap diri sendiri awal daripada pengembangan pengetahuan.

Dharmavada

Pembawa Pesan Kebajikan & Kebenaran

CORETAN

Luapan Pikiran Tertulis Dalam Kertas

Baliaga

menggali jati diri orang Bali

Wahana08's Journey Weblog

mari berbuat untuk kebaikan

INDONESIA EX-MUSLIM FORUM

Telling the truth about Muhammad and Islam

Puisi dan Cerpen Bali

Kumpulan-kumpulan puisi dan cerpen bahasa Bali karya I Wayan Kertayasa

perskanaka

LPM KANAKA FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS UDAYANA

aryaoka blog

oka just oke...

IMBASADI

Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah se-Indonesia

FACETRICK's MP3 BALI

BANYAK CARA DENGAN TRICK

Indonesia Proud

Bangunlah Jiwanya...Bangunlah Badannya...Untuk Indonesia Raya!

Media Kanak Dusun

Istiqomah Dalam Bekarya Menuju Kemandirian

%d blogger menyukai ini: