I.B. Putu Dunia Menjabat Kasau

TOKOH BALI – Kasau Marsekal Madya TNI Ida Bagus Putu Dunia dan istri serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ir. Jero Wacik, S.E. dan Ny. Trisna Wacik foto bersama usai pelantikan Kasau-Kasal di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/12) kemarin. Tampak pula pengusaha Ketut Suardhana Linggih, Dirjen Bimas Hindu IBG Yudha Triguna, Ketua PHDI S.N. Suwisma, dan Ketua Komisi III DPR-RI I Gde Pasek Suardika.

UNTUK pertama kalinya putra asli Bali menduduki jabatan tertinggi sebagai kepala staf angkatan. Dia adalah Marsekal Madya TNI Ida Bagus Putu Dunia yang menempati posisi sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) menggantikan Marsekal TNI Imam Syufaat. Selain Putu Dunia, dilantik juga Laskamana Madya TNI Dr. Marsetyo sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) menggantikan Laksamana TNI Soeparno.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik dan mengambil sumpah dua Kepala Staf TNI tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden No.78 TNI/2012 yang ditandatangani tanggal 14 November 2012 dan berlangsung di Istana Negara Jakarta, Senin (17/12) kemarin. Hadir dalam pelantikan tersebut antara lain Ketua DPR-RI Marzuki Alie, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, Kapolri Jenderal Pol. Timur Pradopo. Selain itu hadir pula Menteri Perekonomian Hatta Radjasa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menlu Marty Natalegawa, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ir. Jero Wacik, S.E.Menanggapi pelantikan Kasau ini, tokoh Bali yang juga Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ir. Jero Wacik, S.E. mengatakan, ini merupakan sejarah bagi orang Bali bahwa untuk pertama kalinya orang Bali beragama Hindu menjadi Kasau. ”Jadi kami bersyukur pemerintah atau Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan kepercayaan kepada salah satu putra Bali. Mudah-mudahan kepercayaan yang diemban ini dapat menjadikan pejabat yang profesional, dan tunjukkan bahwa kalau kepercayaan yang diberikan haruslah diemban dengan baik,” papar Wacik.Atas nama masyarakat Bali, Wacik mengucapkan terima kasih kepada Presiden yang pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini untuk pertama kalinya orang Bali diberikan tugas yang sangat terhormat dengan beban tugas yang sangat berat.

Wacik mengaku bangga bahwa salah satu orang Bali akan segera mendapat promosi dengan pangkat tertinggi yaitu bintang empat (Marsekal – red), dan inilah orang Bali yang pertama mendapat bintang empat. ”Mari kita berdoa semoga Pak Dunia dapat mengemban tugas dengan baik,” pesannya.

Wacik juga bersyukur bahwa pada era pemerintahan saat ini banyak pejabat, baik di eksekutif maupun legislatif mendapat posisi terhormat. Ia mencontohkan, bagaimana sesok atau tokoh muda seperti Pasek Suardika mendapat posisi sebagai ketua komisi, dan ini sejarah bagi orang Bali.

Ia berharap agar orang Bali yang mendapat kehormatan dan kepercayaan dari bangsa ini terus menjaga kredibilitas dan integritas, yang pada gilirannya orang lain akan mengatakan bahwa yang bersangkutan memang layak mendapat posisi tersebut. Mantan Menbudpar ini berharap agar generasi mendatang mencontoh apa yang dicapai generasi-generasi sekarang.

Hal yang sama juga disampaikan tokoh muda dan pengusaha asal ,Bali Suardhana Linggih. Ia bersyukur figur orang Bali diakui pemerintah, khususnya pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengemban posisi terhormat ini. Ia mengajak masyarakat Bali untuk terus mendukung dan bersatu mendoakan pejabat asal Tabanan ini agar mampu mengemban tugas negara ini dengan baik. ”Kita berharap agar beliau sukses mengemban tugas yang diberikan negara ini,” katanya.

Melihat fenomena ini, ia yakin semua orang akan mendapat tempat selama yang bersangkutan memiliki kemampuan. ”Mari kita bersatu bahwa berprestasi, berswadharma di masing-masing tempat, baik sebagai pengusaha, anggota legislatif maupun pejabat eksekutif tetap ada peluang untuk bisa maju dan tidak ada hambatan lagi pada era sekarang ini,” katanya. (har-Bali Post (18/12/2012))

Perihal blijul
Orang yang simpel dan sederhana. Suka tantangan dan suka menulis dari berbagi tulisan yang sekiranya menarik. Saya orang yang apa adanya. Lebih suka menggali diri sendiri dan keyakinan sendiri, tanpa bermaksud melukai orang lain. Jangan tersinggung dengan apa yang saya buat. Jika tak berkenan, jangan mampir ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Dasar Bali

Balinese culture, tradition, tourism and book

ST Kawula Wisuda Banjar Kulub Tampaksiring

Sekaa Teruna-Teruni Banjar adat Kulub. Tampaksiring, Gianyar-Bali.

Sang Widy

Just For Love In Your's Life

desak14cemplok

Serasa hidup kembali

...blog nak belog...

...catatan harian seorang manusia biasa...

Nyoman Djinar Setiawina

Sakiti diri sendiri sebelum menyakiti orang lain. Pengenalan terhadap diri sendiri awal daripada pengembangan pengetahuan.

Dharmavada

Pembawa Pesan Kebajikan & Kebenaran

CORETAN

Luapan Pikiran Tertulis Dalam Kertas

Baliaga

menggali jati diri orang Bali

Wahana08's Journey Weblog

mari berbuat untuk kebaikan

INDONESIA EX-MUSLIM FORUM

Telling the truth about Muhammad and Islam

Puisi dan Cerpen Bali

Kumpulan-kumpulan puisi dan cerpen bahasa Bali karya I Wayan Kertayasa

perskanaka

LPM KANAKA FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS UDAYANA

aryaoka blog

oka just oke...

IMBASADI

Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah se-Indonesia

FACETRICK's MP3 BALI

BANYAK CARA DENGAN TRICK

Indonesia Proud

Bangunlah Jiwanya...Bangunlah Badannya...Untuk Indonesia Raya!

Media Kanak Dusun

Istiqomah Dalam Bekarya Menuju Kemandirian

%d blogger menyukai ini: