Tikus Kendaraan Dewa Ganesha

Kisah dalam Purana
dewa ganeshaSuatu kisah ada Raksasa bernama Gajamugasuran. Dia adalah pemuja sejati dewa Shiva dan senang dengan pengabdiannya, Shiva memberikan kepadanya beberapa anugerah. Gajamugasuran menjadi sangat bangga dan kuat dan ia mulai mengganggu para dewa.  Para dewa meminta Siwa untuk menyelamatkan mereka dari Gajamugasaran. Shiva mengirim Ganesha untuk membantu para dewa. Ganesha pergi dengan beberapa senjata seperti busur dan anak panah, pedang, dan bahkan kapak untuk menghancurkan Gajamugasuran. Tapi Raksana itu telah diberi anugerah  tidak ada senjata yang bisa membahayakan jiwanya, sehingga upaya Ganesha untuk menghancurkan raksasa itu tidak berhasil. Akhirnya, Gajamugasuran merubah dirinya menjadi tikus kecil dan bergegas menuju Ganesha. Ganesha sangat pintar dan menduduki tikus kecil itu. Gajamugasuran akhirnya dikalahkan dan dipaksa untuk meminta maaf atas perbuatannya. Sejak itu, Ganesha selalu disertai dengan tikus sebagai kendaraannya.

Makna Kendaraan Ganesha
Marilah kita memaknai arti dari kendaraan/wahanaNya Sri Ganesha yang unik ini.

“Tikus adalah kendaraan Vinayaka. Apa makna batiniah dari Tikus? Tikus memiliki indra penciuman yang tajam. Tikus adalah simbol dari keterikatan duniawi (vaasanas). Jika Anda ingin menangkap tikus, Anda meletakkan makanan berbau kuat dalam perangkap tikus. Tikus juga melambangkan kegelapan malam. Tikus dapat melihat dengan baik dalam kegelapan. Sebagai kendaraan Vinayaka, tikus menandakan sebuah bentuk yang menuntun manusia dari kegelapan kepada cahaya. Dengan demikian, berarti bahwa kita harus menghilangkan semua sifat-sifat buruk segala kegiatan dan pikiran buruk lalu menanamkan sifat-sifat baik sehingga kita menjadi orang yang berkelakuan baik dan berpikiran yang baik . “

Seperti juga halnya dijaman sekarang, tikus secara simbolis telah gunakan oleh tangan kreatif di dunia. Sadarkah kita bahwa setiap hari memegang tikus? walaupun sebatas simbul dan namanya. Apa yang dapat anda lakukan tanpa adanya tikus? Dia telah membantu mempercepat pekerjaan anda, dia adalah si mungil yang lincah. Mungkin saat ini telah ada ditangan anda karena jelas sekarang pastilah anda didepan komputer…..Mouse….yang memainkan peranan sangat penting dalam peranti komputer anda.

“Siapa Vinayaka? Dalam Sloka yang diawali dengan kata-kata, Suklaambaradharam Vishnum, hanya bentuk dewa digambarkan. Tetapi ada makna lain untuk nama “Vinayaka”. Suklaambaradharam berarti orang yang berpakaian putih. Vishnum berarti ia adalah segala-melingkupi. Sasivarnam berarti kulitnya berwarna abu-abu seperti abu. Chathurbhujam berarti ia mempunyai empat lengan.Prasannavadanam berarti dia selalu menyenangkan pikiran.Sarvavighnopasaanthaye berarti untuk menghilangkan semua hambatan.Dhyaayeth , meditasi (kepadanya).

Vinayaka adalah dewa yang menghapus semua sifat-sifat buruk, menanamkan sifat-sifat baik dan menganugerahkan kedamaian pada hamba yang merenung kepadanya. Vinayaka juga berarti bahwa ia benar-benar menguasai dirinya sendiri. Dia tidak memiliki guru di atasnya. Dia tidak bergantung pada siapa pun. Ia juga disebut Ganapathi . Istilah ini berarti ia adalah pemimpin para Gana – suatu tingkatan kecemerlangan ilahi. Istilah ini juga berarti bahwa ia adalah penguasa intelek dan kekuasaan diskriminatif dalam manusia. Dia memiliki kecerdasan dan pengetahuan yang hebat. Pengetahuan dari pikiran murni dan suci. “

“Apa makna esoteris Kepala gajah Ganesha? “

Gajah terkenal karena kecerdasannya. Kepala gajah Ganesha melambangkan ketajaman intelek dan kekuasaan tertinggi.  Karena kemurnian inteleknya, Vinayaka juga disebut pemberi buddhi (intelek) Dia menjawab doa-doa umat dan oleh karenanya dikenal sebagai Siddhi Vinayaka ( memberikan apa yang dicari). Dalam sebuah hutan, ketika seekor gajah berjalan, ia membersihkan jalan bagi orang lain untuk mengikuti.  Ganesha menghilangkan segala rintangan.

Demikian pula, Ganesha menuntun kita menuju Kebijaksanaan, Akal, dan akan memberikan kebahagiaan. Ganesha memiliki dua keagungan : Siddhi (keberhasilan) dan Riddhi (kemakmuran). Dimana ada Ganesha disana ada Sukses dan Kesejahteraan ~ Dimana ada Sukses dan Kesejahteraan ….akan ada  Sri Ganesha. (Pasraman Ganesha Brahmancari Ashram)

Perihal blijul
Orang yang simpel dan sederhana. Suka tantangan dan suka menulis dari berbagi tulisan yang sekiranya menarik. Saya orang yang apa adanya. Lebih suka menggali diri sendiri dan keyakinan sendiri, tanpa bermaksud melukai orang lain. Jangan tersinggung dengan apa yang saya buat. Jika tak berkenan, jangan mampir ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Dasar Bali

Balinese culture, tradition, tourism and book

ST Kawula Wisuda Banjar Kulub Tampaksiring

Sekaa Teruna-Teruni Banjar adat Kulub. Tampaksiring, Gianyar-Bali.

Sang Widy

Just For Love In Your's Life

desak14cemplok

Serasa hidup kembali

...blog nak belog...

...catatan harian seorang manusia biasa...

Nyoman Djinar Setiawina

Sakiti diri sendiri sebelum menyakiti orang lain. Pengenalan terhadap diri sendiri awal daripada pengembangan pengetahuan.

Dharmavada

Pembawa Pesan Kebajikan & Kebenaran

CORETAN

Luapan Pikiran Tertulis Dalam Kertas

Baliaga

menggali jati diri orang Bali

Wahana08's Journey Weblog

mari berbuat untuk kebaikan

INDONESIA EX-MUSLIM FORUM

Telling the truth about Muhammad and Islam

Puisi dan Cerpen Bali

Kumpulan-kumpulan puisi dan cerpen bahasa Bali karya I Wayan Kertayasa

perskanaka

LPM KANAKA FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS UDAYANA

aryaoka blog

oka just oke...

IMBASADI

Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah se-Indonesia

FACETRICK's MP3 BALI

BANYAK CARA DENGAN TRICK

Indonesia Proud

Bangunlah Jiwanya...Bangunlah Badannya...Untuk Indonesia Raya!

Media Kanak Dusun

Istiqomah Dalam Bekarya Menuju Kemandirian

%d blogger menyukai ini: