Memaknai Tumpek Pengatag

tumpek wariga

tumpek wariga

Hujan deras di sore hari ini mengingatkan saya pada makna hari suci Umat Hindu yang jatuh pada Saniscara Kliwon Wuku Wariga, hari ini (Sabtu, 26/04/2014).

Ada yg tau hari ini rerainan apa? Yaaa.. hari ini adalah Tumpek Wariga atau disebut Tumpek atag/pengatag, Tumpek Uduh, atau Tumpek Bubuh.

Hari ini adalah otonannya (bisa dibilang ulang tahun tapi 6 bulan sekali ^^) pepohonan/tanam2an. Di mana umat Hindu membuat sesajen/upakara untuk memuja Hyang Widhi Wasa, karena beliau telah melimpahkan segala wara nugrahaNya kepada kita dari hasil atau manfaat tumbuh2an di sekitar kita yg membantu kita hidup.

Hubungan hujan dg hari raya Tumpek Landep ini tentu saya rasakan betapa alam saling mendukung keberadaan satu sama lain, di hari otonan tumbuh2an ini, bapa akasa memandikan seluruh tumbuhan agar menjadi bersih, memberikan siraman kesejukan kepada ibu pertiwi, agar ibu pertiwi bisa memberikan kesuburan dan menghidupi tanam2an di atasnya. Baca pos ini lebih lanjut

Orang Non Hindu Bisa masuk Sorga?

“Mohon maaf, ap dlm ajaran hindu org non hindu bisa masuk sorga?”

Pertanyaan yg bagus…! Bisa dunk…!! Org yg bisa nengamalkan ajara tri kaya parisudha (berfkir, berkata, dan berbuat baik) past bisa masuk sorga. Lagian Surga/sorga itu kan milik tuhan, semua umat manusia dan seisi dunia ciptaan Tuhan.. So, semua org bisa masuk sorga. Lagian, dlm kepercayaan Hindu, sorga bukanlah tujuan akhir mas bro.. sorga hanya tempat singgah sementara sang atman untk menuju moksah. Astungkara..

Oh ia, dlm ajaran Hindu gak ada mengkavling2 surga lho… gak kaya di situ mas bro..! Sorga kok di kavling-kavling gitu, ini sorgaku itu sorgamu..! Tuhan itu satu mas bro.. gak banyak, jdi sorganya juga satu..! Jangan dikavling yo…!!

View on Path

Tradisi “Perang Api” Di Jasri dan Saren, Karangasem

perang apiAda sejumlah tradisi budaya khas di Kabupaten Karangasem, Bali yang unik dan menarik bercirikan “perang” bernafaskan”heroisme”, hingga kini masih hidup dilakoni masyarakatnya. Tradisi “Perang” apa saja itu? diantaranya “Perang Rotan” atau yang oleh masyarakat setempat disebut Gebug Ende, terdapat di Desa Seraya (Kec. Karangasem), “Perang Api” (Terteran) di Desa Jasri (Kec. Karangasem), “Perang Jempana” dan “Perang Pelepah Pisang” (Tetabahan) di Desa Bugbug (Kec. Karangasem), “Perang Buah Pisang”, Masabat-Sabatan Biyu  di Desa Tenganan Dauh Tukad, dan “Perang Pandan Berduri” yang dikenal dengan Mekare-Kare terdapat di Desa Tenganan Pegeringsingan (Kec. Manggis) salah satu desa penduduk Bali Aga (Bali asli).

Salahsatunya yang akan kita bahas kali ini adalah “Perang Api” atau yang disebut dengan Terteran oleh masyarakat di Desa Jasri, Kelurahan Subagan, Kec./Kab. Karangasem, sekitar 4 km dari kota Amlapura menuju jalur arah jalan Amlapura–Denpasar. Terteran sama artinya dengan lempar-lemparan.

Tradisi Terteran yang digelar setiap dua tahun sekali pada tahun bilangan genap ini, terkait dengan digelarnya upacara desaAci Muu-Muu yang diselenggarakansetiapPengerupukan hariTilem Kasanga, sehari sebelum hari Nyepi. Tradisi ini bertujuan untuk menetralisir roh jahat yang mengganggu kehidupan manusia. Baca pos ini lebih lanjut

Dasar Bali

Balinese culture, tradition, tourism and book

ST Kawula Wisuda Banjar Kulub Tampaksiring

Sekaa Teruna-Teruni Banjar adat Kulub. Tampaksiring, Gianyar-Bali.

Sang Widy

Just For Love In Your's Life

desak14cemplok

Serasa hidup kembali

...blog nak belog...

...catatan harian seorang manusia biasa...

Nyoman Djinar Setiawina

Sakiti diri sendiri sebelum menyakiti orang lain. Pengenalan terhadap diri sendiri awal daripada pengembangan pengetahuan.

Dharmavada

Pembawa Pesan Kebajikan & Kebenaran

CORETAN

Luapan Pikiran Tertulis Dalam Kertas

Baliaga

menggali jati diri orang Bali

Wahana08's Journey Weblog

mari berbuat untuk kebaikan

INDONESIA EX-MUSLIM FORUM

Telling the truth about Muhammad and Islam

Puisi dan Cerpen Bali

Kumpulan-kumpulan puisi dan cerpen bahasa Bali karya I Wayan Kertayasa

perskanaka

LPM KANAKA FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS UDAYANA

aryaoka blog

oka just oke...

IMBASADI

Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah se-Indonesia

FACETRICK's MP3 BALI

BANYAK CARA DENGAN TRICK

Indonesia Proud

Bangunlah Jiwanya...Bangunlah Badannya...Untuk Indonesia Raya!

Media Kanak Dusun

Istiqomah Dalam Bekarya Menuju Kemandirian